ISTILAH-ISTILAH TAEKWONDO DARI BAHASA KOREA


ISTILAH-ISTILAH TAEKWONDO DARI BAHASA KOREA


ο»Ώ

KOREA INDONESIA
Charyot Sikap Siap (ibu jari rapat)
Kyongrye Sikap Hormat
Joonbi Kepal Tangan Depan Sabuk
Yusan Tung Il Joonbi Berdoa Dengan Sikap Joonbi
Geuman Kembali Ke Posisi Joonbi
Warrow Kembali Ke Posisi Charyot
Sijak Mulai
Keysook Lanjutkan
Kelyook Break(Berhenti)
Sueh Ambil Nafas
Eolgoel Atas
Mountong Arae
Jireugi Pukulan
Chagi Tendangan
Makki Tangkisan
Bande Sejajar Dgn Kaki Depan
Baro Berlawanan Dgn Kaki Depan
Bal Phako/Change Step Ganti Langkah (Kaki)
App Depan
Dwiet Belakang
App Ghora Maju
Dwiet Ghora Mundur
Dwietro Berputar
Oren Kaki Kanan
Owen Kaki Kiri
Son Tangan
Pal Pergelangan Tangan
Joomeok Kepalan Tangan
Deung Joomeok Kepalan Tangan Bagian Belakang
Pyong Joomeok Kepalan Bagian Jari Yg Dilipat
Bam Joomeok Jari Tengah/Telunjuk Ditekuk
Sonal Pisau Tangan
Batang Song Telapak Tangan Bagian Pangkal
Pyeon Sonkeut Tusukan Dgn Jari2 Tengah
Ageum Son Tusukan Ke Leher
Gawi Son Keut Tusukan Dua Jari Ke mata
Bakat Palmeuk Lengan Bagian Luar
An Palmeuk Lengan Bagian Dalam
Pal Kup Siku Tengah
Bal Pergelangan Kaki
Bal Nal Pisau Kaki
Bal Deung Punggung Kaki
Ap Chuk Telapak Kaki
Dwi Chuk Tumit Kaki
Mooreup Lutut
Charyeot Seogi Sikap Dgn Kaki Terbuka
Moa Seogi Sikap dgn Kaki Tertutup
Pyeon Hi Seogi Sikap SiapSlebar Bahu
Marani Seogi Sikap Siap Sejajar
Coo Chom Seogi Sikap Jongkok Kaki Sejajar
Ap Koobi Sikap Kaki Panjang(Berat Depan)
Dwi Koobi (Ball Chagi Joonbi) Sikap Kaki Belakang (L/Berat Belakang/Sikap Tanding)
Ap Seogi Sikap Kaki Pendek (Sikap Jalan)
Beom Seogi Sikap Ujung Kaki Diangkat (Macam)
Ap Koa Seogi X Stand (Lewat Depan)
Dwi Koa Seogi X stand (Lewat Belakang)
Pyeon Terbuka
Hak Dari Seogi Sikap Kaki Satu (Kaki Yg Bertumpu Lurus)
Ageum Hak Dari Seogi Sikap Kaki Satu (Kaki yg Ditekuk Kebelakang)
Moomtong Baro Jireugi Pukulan Berlawanan Ke Perut
Moomtong Bande Jireugi Pukulan Sejajar ke Perut
Eogeul Jireugi Pukulan Ke Kepala
Je Chin Du Joomeok Moomtong Jireugi Pukulan Dua Tangan Ke Perut
Je Chin Joomok Dang Kyo Teok Jireugi Upper Cut
Hanson Keut Chigi Tusukan Satu Jari Ke Mata
Jae Chin Sonnal Mok Chigi Tangan Pisau Dari Luar
Up Hun Han Sonal Mok Chigi Tangan Pisau Dari Dalam Keluar
Jaebi Poom Mok Chigi Pisau Tangan Tangkis Dari Luar Kedalam, Yg Satu Tangkis
Deung Joomeok Eolgeul Ap Chigi Back Fis
Pakkeop Eogeol Dollyo Chigi Siku Arah Samping Kepala
Palkeup Olryo Chigi Siku Ke Dagu
Area Makki Tangkisan Kearah Bawah Dgn Tangan Bagian Luar
Eolgeol Makki Tangkisan Kearah Kepala
An Palmok Mountong Bakat Tangkisan Dgn Bagian Luar
Bakat Palmok Mountong Bakat makki Tangkisan Keluar Dgn Tangan Bagian Dalam
An Palmook Mountong An makki Tangkisan Kedalam Dgn Tangan Bagian Luar
Sonnal Godro MOuntong Bakat Makki Tangkisan Tengah Dua Tangan Pisau
Dupalmok Godro Mountong Bakat Makki Tangkisan Dua Tangan Kepal Kearah Dada
Han Sonal Mountong Bakat Makki Tangkisan pisau Tangan Dari Dalam Keluar
Batang Son Mountong An Makki Tangkisan Telapak Tangan Dari luar Kedalam
Han Sonal Area Bakat makki Tangkisan Bawah Dgn Pisau Tangan
Sonal Godro Area Bakat Makki Tangkisan Dua Tangan Pisau Kearah Bawah
Bakat Palmok Godro Area Bakat Makki Tangkisan Bawah Dua Tangan
Gawi Makki Tangkisan Silang
Santeul Makki Tangkisan (U) Dua Tangan
We Santeul Makki Tangkisan Bawah Dan Atas
Du Palmok Mountong Haehco Makki Tangkisan Tengah Dgn Dua Tangan
Du Palmok Area Haehco Makki Tangkisan Bawah Dgn Dua Tangan
Du Palmok Eutkureu Area Makki Tangkisan (X) Bawah
Du Palmok Eutkureu Eulgeol Makki Tangkisan (X) Atas
Geumgang Makki Tangkisan Dua Tangan Atas Bawah
Bo Joomeok Kepalan Digenggam Sikap Hormat
Pyo Jeok Chigi Hantaman Telapak Tangan
Sabeom Nim Pelatih Utama
Sabeom Pelatih
Dobok Baju Seragam Taekwondo
Doljang Tempat Latihan
Sugo Haset Sem Nida Ucapan Terima Kasih Kepada Pelatih Selesai Latihan

TENDANGAN DASAR

KOREA INDONESIA
Ap Chagi Tendangan Lurus Kedepan Dgn Sneping
Dolyo Chagi tendangan Melingkar Keuluhati Atau Kepala, Kaki Angkat Lurus Di Depan Dan Lipat Putar Badan Lurus Dgn Paha Tertutup Disentak Kedalam Dgn Sneping
Deolo Chiki Tendangan Mencangkul kemuka Lawan ambil Dgn Lurus
Yeop Chagi Tendangan Ke samping kaki lipat rapat dgn paha sentak ke samping kena ujung jari dan disusul Dgn Tumit
Dwi Chagi Tendangan Ke belakang Putar Badan kaki dilipat Rapat lalu sentak ke belakang
Miro Chagi Tendangan Mendorong Dgn Telapak kaki Bagian Dalam(pussing Kick)
Yeop Hurigi Tendangan mengkait Dgn telapak kaki
Dwi Hurigi Tendangan melingkar putar ke belakang ambil 45 derajat
I dan dolyo Chagi Tendangan dgn Kaki Depan Slayding lipat dan sentak ke dalam Dgn Sneping
I dan Yeop Chagi Tendangan dgn kaki depan Slayding kaki silang di belakang lipat dn sentak dgn cepat ke samping
I Dan Ap Hurigi Slayding tendangan mencangkul dgn kaki depan tekuk
I dan Yeop Hurigi Slayding mengkait dgn kaki depan
I jung Dolyo Chagi Tendangan dua kali pertama ceking dgn telapak kaki dan kedua, putar tendangan melingkar dgn sneping
Dolke Chagi Putar 180 derajat dgn melompat lalu tendangan dgn melingkar / dolyo chagi
Nare Chagi Tendangan 2 kali kali dolyo Chagi ke arah pinggang
Twio Dwi Chagi Lompat Sentak tendangan belakang
Twio Dwi Hurigi Lompat tendangan mengkait ke belakang ke muka ambil 45 derajat
I jung Yeop Milgi Tendangan dua kali Slyding lompat yeop Chagi ke arah pinggang
Mat Badad Chagi Kaki depan tarik cepat dgn dolyo chagi ke perut lawan dan Badan Agak condong ke belakang
I Dan Dwi Chagi Tendangan mendorong ke arah dada lawan (pussing) dgn telapak kaki bagian dalam (Untuk melawan orang yang lebih tinggi)
Giong Yeop Dwi Chagi Tendangan belakang slyding mengejar lawan dgn badan membungkuk
I Dan Yeop Milgi Slyding tendangan ceking ke arah pinggang lawan
Dolyo Chago Dolyo Chagi Tendangan dolyo chagi disusul dolyo chagi
Dolyo Chago Dwi Chagi Tendangan dolyo chagi disusul dwi chagi

Hitungan Dengan Bahasa Korea Di TAEKWONDO

KOREA INDONESIA
Hanna 1
Dool 2
Set 3
Net 4
Tasot 5
Yasot 6
Ilgob 7
Yeodoel 8
Ahop 9
Yool 10
Ill Ke 1
Yee ke 2
Sam ke 3
Sa ke 4
Oh Ke 5
Yok Ke 6
Chill Ke 7
Pal Ke 8
Kho Ke 9
Shib Ke 10
Advertisements

94 thoughts on “ISTILAH-ISTILAH TAEKWONDO DARI BAHASA KOREA

Add yours

    1. bisa di liat dari gerakn2 yg ada di teageak 1. silahkn dipraktekn trus sambil liat tulisan di blog sya nnti bisa tau sendiri tpi klo mank kurang bisa hub sya.:)
      makasih kunjunganx bro… tpi kyakx anda ini seorng taekwindoin deh pasti lebih tau anda daru pda sya. πŸ˜‰

  1. kalo taegeuk ill jang, mulai dari joonbi lalu sijak..
    wen ap seogi arae makki
    oreoun ap seogi momtong jireugi
    dwitdora oreun ap seogi arae makki
    wen ap seogi momtong jireugi

    terus badannya diputer 90 derajat ke kiri (hadap kiri) wen ap koobi arae makki momtong baro jireugi

    singkatnya begitu kalo nggak salah..

  2. wahhh…
    bnyk bgt istilah2 taekwondo yg hrus Q plajari,,,,
    padahal bulan depan dah ujian taekwondo….
    tp Q blum ngrti n blum bs memperagaknnya dgn baik n benar…..

    1. hehehe…. jgn dipelajari sekaligus, hapalin satu2 aja dulu sesuai kebutuhan pasti nnti hafal semua sekaligus dgn gerakannya….

  3. bener juga ya….
    kalau kita mau berlatih dgn sungguh2,psti akan menghasilkan yg terbaik,,,,,,
    ya,,,,,,
    wlwpun hrus memplajari satu persatu…..

  4. gan. kalo terimakasih guruku telah mengajariku itu gmn ya bhs koreany? soalny tiap hbis latihan dlu ucapin gtu. tapi g jelas, yg jelas cm “hamnida”nya doank

      1. kalo boleh nambahin nih hehe biasanya abis latihan pada ngomongnya “μˆ˜κ³ ν•˜μ…¨μŠ΅λ‹ˆλ‹€” dibaca sugohasyotseumnida yang artinya “terima kasih atas kerja kerasnya” hehehe

    1. mau yg kyak gimna? coba cari di youtube, banyak thu… nnti klo gak dapat bru hub ane lagi, okey brooo…

  5. alhamdulilla binashrillah ketmu juga yg ane cari . . . mga2 ane hapal ne smuanye .amiem

    maf ne klo bsa di bikin kta2.a lbh teratur dr mulai penbukaan awal lthn (pd wkt perknln ttg gerak2n taekwondo !! ok thank so much n xie xie makaseh bnyk dh menyajikn yg sy buthkn !! πŸ™‚

  6. makasih banget sangat membantu sekali. istilah2 nya banyak sekali. bisa membantu saya buat mengajar dengan aba2 bahasa korea lebih banyak

  7. Wew keren aq baru belajar kyongrae n joonbi katanya guru Ku Ada fotonya disini tapi pada gk jelas potonya namanya Mike

  8. Beum !
    gimana menumbuhkan kecintaan pada anak saya agar lebih serius latihan , anak saya 5thn masih TK Beum !
    padahal saya sangat mengagumi beladiri ini

    padahal saya dulu karateka beum !

    1. klo anak umur segitu memang dalam thap perkembangan dan mereka cendurung bermain, klo saran dari saya sebaiknya anakx rajin di ajak ke tempat latihan setidaknya dia melihat latihan dan sekalian di daftarin aja, untuk menambah semangat anak mungkin bisa di beliin dobok (seragam TKD) agar di pakai pada saat ke tempat latihan…
      nnti lama kelamaan anaknya bisa tertarik ikut latihan dengan serius, malah bagus klo udah mulai diajarkan dari kecil, bisa hebat dia kelak nnti. sekian trims
      thank kunjungannya.

  9. Jadi ingat sama Sabeom Nim (master) Oh Ill Nam. Pelatih Taekwondo asal Korea selatan yg melatih kami selama 3 tahun di markas marinir jl.Opak surabaya

  10. tae kwondo bkn hanya membantu kta untuk membela diri kta dalam keadaan bahaya,akan tetapi tae kwondo jga membantu kta mendapatkan prestasi danbembantu kta mendapatkan pekerjaan suatu saat nanti.dengan cara melamar pekerjaan dan memperliahatkan sertivikat naik sabuk kita.maka 88 persen,maka kta akan d terima.apa lgi seseorang yg bercita2 menjadi polisi,polwan dan tentara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: